Memulai Komputerisasi Akuntansi pada usaha fotocopy

OLYMPUS DIGITAL CAMERABisnis fotocopy yang terdapat di indonesia merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi jika didukung dengan pemilihan lokasi yang tepat. Misalnya di depan sekolah atau kampus atau tempat pelayanan umum.

Bisnis fotocopy ini biasanya di barengi dengan diversifikasi usaha yang lain, yaitu penjualan alat tulis atau stationery.

Dengan adanya diversifikasi bentuk usaha ini , maka pencatatan akuntansinya juga terdapat sedikit perbedaan dengan bisnis dagang atau jasa pasa umumnya .

Sebagai garis besar alur pencatatan pembukuan di bagian bisnis fotocopy nya adalah sebagai berikut:

  1. pembelian kertas untuk fotocopy masuk dalam persediaan toko, dimana kertas tersebut memiliki nilai HPP. Kertas tersebut bisa di gunakan sebagai bahan fotocopy atau bisa juga dijual langsung kepada pembeli eceran
  2. jika kertas tersabut di beli secara eceran, maka prosesnya sama seperti penjualan barang pada umumnya. Akan tetapi jika kertas tersebut di gunakan sebagai bahan untuk fotocopy ,maka kertas tersebut dianggap sebagai biaya (sejumlah HPP kertas).
  3. proses pembiayaan kertas sebagai bahan fotocopy,biasanya di hitung dalam ukuran RIM, artinya saat kertas tersebut diambil dari etalase dan di sobek untuk di letakkan pada “Tray” mesin fotocopy, proses itulah saat terjadi pencatatan akuntansi.
  4. saat terjadi pembayaran oleh pelanggan pada jasa fotocopy yang dihasilkan , proses itu di hitung sebagai pendapatan fotocopy.
  5. jadi pendapatan fotocopy (nomer 4) dikurangi pembiayan (costing) kertas (nomer 3) adalah nilai pendapatan kotor Anda. Jika dikurangi dengan gaji karyawan dan lain-lain, maka akan dihasilkan jumlah pendapatan bersih.

Untuk lebih detail mengenai proses-proses pencatatan akuntansi diatas akan di bahas pada postingan -postingan berikutnya.

Dengan menjalankan proses pencatatan akuntansi yang baik dan benar, Anda akan mengentahui posisi usaha Anda saat ini dalam keadaaan untung atau rugi. Karena tidak selalu berkorelasi antara jumlah Uang (kas) yang Anda pegang dengan keuntungan Bisnis Anda. Artinya tidak selalu berarti saat Anda memiliki banyak Uang (kas) berarti bisnis Anda Untung.

Jadi.. pencatatan akuntansi yang benar di bisnis fotocopy sangat penting, bagaimana dengan bisnis Anda?

3 thoughts on “Memulai Komputerisasi Akuntansi pada usaha fotocopy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s