Memulai Bisnis Fotocopy

102744858 copySebenarnya sebelum membuka sebuah usaha, kita harus melakukan analisis kelayakan dulu. Tetapi saya anggap Anda sudah melakukannya sehingga Anda sudah cukup yakin dengan usaha fotocopy & stationary ini.

Modal awal untuk usaha tersebut kira-kira sebagai berikut:

1. Tempat. Anda bisa menyewa tempat yg strategis. Paling tidak mudah dijangkau dan dekat dengan pangsa pasar yg Anda sasar, misalnya perguruan tinggi atau sekolah. Tetapi tempat menjadi tidak bermasalah jika usaha ini dijalankan di rumah Anda sendiri yg mungkin kebetulan sudah strategis.

2. Mesin fotocopy. Saya dengar ada beberapa penjual mesin fotocopy yg bersedia menjual mesin fotocopy dengan sistem mencicil. Lumayan agak ringan jika Anda bisa mencicilnya. Pertama mungkin cukup 1 dulu. Lihat perkembangan. Bila ternyata semakin ramai, maka perlu ditambah mesinnya sesuai kebutuhan.

2a. Stationary. Anda juga harus membeli beberapa stationary yg akan Anda jual. Jika mungkin, beli dari distributor atau bahkan produsen stationary itu secara langsung. Soalnya akan lebih murah.

3. Tenaga kerja. Anda juga perlu mempekerjakan seseorang untuk menjaga usaha Anda. Lebih baik jika tenaga kerjanya baik dan terampil. Lebih baik lagi jika mengerti masalah teknis mesin fotocopy. Tidak jarang mesin fotocopy bermasalah walau pun ringan. Jika masalahnya ringan, lebih baik jika bisa diatasi oleh tenaga kerja itu sendiri, tidak usah memanggil teknisi dari luar.

4. Modal operasional. Kita juga harus menyiapkan sejumlah dana untuk menalangi operasional selama beberapa bulan. Untuk bisnis fotocopy ini, idealnya kita harus menyiapkan dana operasional untuk 6 bulan. Dana ini digunakan untuk: gaji, listrik, pemeliharaan mesin, membeli stock kertas & stationary, dst.

Mengenai berapa modal yg dibutuhkan, rasanya Anda dapat menghitungnya sendiri dari harga/biaya per item di atas. Tetapi mengingat bisnis fotocopy & stationary ini sudah menjamur, maka diperlukan beberapa strategi supaya usaha Anda dapat menang di antara banyak pesaing.

Strategi ini bisa berupa:
1. Pelayanan yg baik & ramah.
2. Pelayanan yg cepat.
3. Hasil fotocopy yg baik.
4. Stationary yg lengkap.
5. Harga yg murah.

Tentu saja Anda dapat memiliki beberapa keunggulan di atas sekaligus. Tetapi Anda juga harus memikirkan modal awal Anda untuk mendukung strategi tersebut.

Misalnya untuk mendukung pelayanan yg baik, ramah & cepat, maka dibutuhkan tenaga kerja yg baik, ramah dan cekatan. Pilihlah tenaga kerja yg memiliki atitude yg terbaik.

Sedangkan jika diinginkan harga fotocopy yg murah, maka diperlukan mesin fotocopy dan kertas yg murah tetapi tetap memberikan hasil yg layak. Ini agak bertentangan jika Anda ingin hasil fotocopy yg sangat baik. Sudah tentu dibutuhkan mesin fotocopy dan kertas yg dapat menghasilkan copy yg baik. Dan biasanya mesin tersebut mahal.

Ada pembaca yg ingin menambahkan?
Semoga sedikit jawaban ini dapat membantu. Salam.

 

diambil dari usaha.wordpress.com

kommentnya mas dewo
dewo.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s